Sunday 15 November 2015

JUAL BIJI/ BENIH TREMBESI(SAMANEA SAMAN) SUPER UNGGUL DAN MURAH


BIJI / BENIH TREMBESI
BIJI TREMBESI(SAMANEA SAMAN)

Samanea saman yang sering di sebut dengan Trembesi (rain tree) merupakan tanaman pelindung yang mempuyai banyak manfaat. Trembesi dapat bertahan 2-4 bulan atau lebih lama di daerah yang mempunyai curah hujan 40mm per tahun (dry season) atau bahkan dapat hidup lebih lama tergantung usia, ukuran pohon, temperature dan tanah. Trembesi juga
dapat hidup di daerah yang ber temperatur 20-30oC, maksimum temperatur 25-38oC, minimum 18-20oC. Tanaman peneduh hujan ini akan tumbuh 15-25 meter(50-80 ft) di tempat terbuka dengan diameter kanopi(payung) lebih besar daripada tingginya. Di Indonesia, orang menjuluki tanaman ini dengan sebutan ki hujan atau Trembesi.
BUDIDAYA TANAMAN.


            Trembesi berkembang biak dengan menghasilkan biji yang berlimpah. Perkembangbiakan dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu biji, stek batang (menggunakan tunas vertilkal), stek akar dan stump. Jika dibutuhkan dalam skala besar biji di koleksi untuk di semaikan di persemaian atau dengan cara menanam langsung(direct seeding) di lapangan. Polong di kumpulkan dari bawah pohon induk, setelah polong jatuh. Tidak disarankan untuk memetik polong langsung dari pohon, karena polong memerlukan waktu masak sekitar 5-8 bulan. Biji yang baru di kumpulkan dapat disemaikan langsung dengan perkecambahan mencapai 36-50%.
 Untuk mendapatkan persentase kecambah yang lebih baik, perlakukan pendahuluan sebelum penaburan dapat dilakukan sebagai berikut:
·        Biji direndam dalam air (5x volume biji) selama 1-2 menit pada suhu 80oC, diaduk-aduk kemudian biji ditiriskan. Biji direndam kembali dalam air hangat, dengan suhu 30-40oC selama 24 jam. Metode ini meningkatkan perkecambahan biji mencapai 90-100%.
·        Biji direndam dengan air hangat (suhu 400C) selama 3-4 hari, biji-biji yang mengapung dibuang.

pohon trembesi
Perkecambahan biji akan tampak 3-5 hari setelah perlakuan penyemaian, kemudian dipindahkan ke bedeng sapih (polybag) dan diletakkan di tempat teduh, serta penyiraman secara teratur mempercepat perkecambahan biji. Penyemaian dapat dilakukan pada media pasir (tempat pembibitan) atau di tanam di polybag yang berukuran 10 x 20 cm dengan komposisi media 3:1:1 (tanah: pasir: kompos). Kecambah siap sapih adalah mulai pletekan s/d berdaun 2 lembar, sehat, dan normal­ Biji ditumbuhkan selama 2-4 minggu dibawah naungan, selanjutnya dipindahkan secara bertahap ke tempat terbuka. Pengambilan kecambah dilakukan dengan menyiram air bedeng tabor sampai jenuh air dan dengan mencabut anakan secara hati -hati agar tidak rusak. Pemindahan kecambah sebaiknya pagi hari sebelum pukul 10.00 WIB.


  Bibit harus ditanam di tempat terbuka karena bibit tidak akan bertahan hidup jika ditumbuhkan dibawah naungan. Pada kondisi lingkungan yang sesuai, Trembesi akan tumbuh sangat besar. Didaerah kering perakarannya tumbuh kedalam. Didaerah basah perakarannya tumbuh ke permukaan, sehingga bisa menjadi masalah karena akar Trembesi akan berkompetisi dengan tumbuhan dibawahnya dalam menyerap nutrisi.

  Pohon Trembesi yang dirawat dengan baik, dapat mencapai diameter 15 cm dalam 5 tahun. Dengan rotasi 10-15 tahun dapat menghasilkan kayu 10-25 m3/ ha/ tahun. Laju tumbuh tergantung curah hujan, didaerah kering umumnya kurang dari 13 mm per tahun dan tinggi total tidak melebihi 12 meter, sedangkan didaerah basah pertambahan diameter dapat mencapai 2,5 cm per tahun. Kecepatan tumbuh antara 25-35 m3/ ha/ tahun.

MANFAAT TREMBESI

·        Mampu menyerap karbondioksida (CO2) sebanyak 28,5 ton per tahun (paling tinggi diantara jenis pohon yang lainnya). Bentang kanopinya sangat lebar mampu menurunkan suhu mikro antara 3-4 derajat Celcius.
·        Akarnya mampu bersimbiosis dengan bakteri Rhizobium untuk mengikat nitrogen hingga 78% dari kandungan nitrogen di udara.
·        Trembesi mampu bertahan hidup di lahan – lahan marginal, dan lahan kritis, seperti bekas tambang, bahkan mampu bertahan pada keasaman tanah yang tinggi dan didaerah yang sangat minim air.
·        Berdasarkan penelitian akar Trembesi dapat digunakan sebagai obat tambahan saat mandi hangat untuk mencegah kanker. Ekstrak daun Trembesi dapat menghambat pertumbuhan mikrobakterium Tuberculosis(Perry, 1980) yang menyebabkan sakit perut. Trembesi juga dapat digunakan sebagai obat flu, sakit kepala dan penyakit usus(Duke and Wine, 1981).
·        Hasil penelitian membuktikan bahwa pohon Trembesi yang ditanam diatas lahan saut hektar dapat menghasilkan 0,6 ton oksigen(O2) yang mampu memenuhi kebutuhan oksigen untuk 1.550 orang per hari. Trembesi juga unggul dalam menanggulangi banjir sebab mampu menyimpan 900 m2 air tanah per tahun dan mampu menyalurkan (mentransfer) 4.000 liter air per hari.

·        Kayu Trembesi bisa dikembangkan sebagai kayu industri atau komersial yang mempunyai karakteristik tektur kayu yang lebih lembut, terang dan kuat. Trembesi dapat digunakan untuk furniture, bahan dasar kerajinan mangkok, dan hiasan untuk interior rumah.
Pemanfaatan Trembesi di Indonesia digunakan sebagai pohon peneduh dan hutan kota. Padahal pemanfaaatan Trembesi bisa lebih luas. Kayu Trembesi dapat digunakan untuk furniture dan kerajinan pahatan.
Dengan naungannya yang lebar Trembesi dapat digunakan untuk silvopastur. Kanopinya digunakan sebagai pohon pelindung ternak. Untuk silvopastur, Trembesi meningkatkan pertumbuhan rumput dibawahnya melalui pengkayaan nitrogen dalam tanah. Trembesi dapat memfiksasi nitrogen karena berasosiasi dengan bakteri Rhizobia(Bradyrhizobium). Polong dan dedaunan yang dihasilkan dapat dimanfaatkan sebagai makanan ternak. Pohon Trembesi juga dapat dipakai sebagai tanaman pelindung dan peneduh untuk tanaman kopi, cokelat dan vanilla dalam sistem agroforestri.


BIJI TREMBESI(SAMANEA SAMAN)

Jika anda peduli dengan pemanasan global dan ingin bersama – sama mengurangi dampak negatifnya mari kita segera menanam Trembesi di lingkungan sekitar kita.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kontak Pesan Biji/ Benih TREMBESI SUPER Murah dan Unggul :
Bpk. Prenky Sandro Panjaitan
HP:  081215828378  | PIN 3276F693
Alamat: Perum Pelita no 35 Harjosari - Karanganyar - Jawa Tengah - kode pos 57715 

jual biji trembesi | jual benih trembesi | samanea saman | kayu trembesi | pohon trembesi | bibit trembesi | manfaat trembesi | biji trembesi | benih trembesi

No comments:

Post a Comment